RSS

Senin, 17 November 2014

ASAS-ASAS MANAJEMEN



MANAJEMEN DAN RUANG LINGKUP
KB 1 MANAJEMEN DAN FUNGSI2 MANAJEMEN
·  Manajer dibagi menjadi 3 level : manajer puncak (top manajer), level menengah.middle, dan manajer lini pertama ( yg paling bawah)
·  Manajemen secara umum dapat dibagi menjadi 2 bagian, antara lain manajemen sebagai fungsi dan manajemen sebagai peranan. Manajemen sebagai fungsi meliputi usaha plan, organizing actuating and controling (POAC).
·  Manajemen sebagai peranan adalah antar pribadi pemberi informasi dan pengambil keputusan. Manajemen dapat pula pengembangan ketrampilan, yaitu teknis, manusiawi dan konseptual. Manajemen dapat pula berarti pengembangan ketrampilan, yaitu teknis, manusiawi dan konseptual.
·  Manajemen secara umum berarti sebagai suatu usaha merencanakan, mengorganisasi, menyarankan, mengkoordinir serta mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
·  Fungsi2 manjemen menurut Luther Gullick meliputi Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, dan Budgeting ( POSDCORB)
·  Istilah fungsi manajemen menurut bbrp ahli
Hendry fayol
Luther Gullick
George Terry
Ernest Dalle
Koontz &O’donnel
James Stoner
Planning
Organizing
Commanding
Staffing
Actuating
Staffing
Staffing
Leading
Coordinating
Directing

Directing
Directing


Coordinating
Innovating


Reporting
Representing

Controlling


·  Perencanaan →planning ;
·  Pengorganisasian → organizing; 
·  Pengadaan  staf→staffing; 
·  pengarahan  →directing; 
·  pengawasan →controlling; 
·  pembaharuan→innovating; 
·  perwakilan→ representating; 


KB 2 MANAJEMEN SBG STUDI YG BERSIFAT INTERDISIPLINER
·  Perencanaan tdk dpt dilaksanakan tanpa adanya peramalan (forecasting), dan ini memerlukan pengetahuan ttg ilmu ekonomi
·  Menurut Mintzberg, manajer memiliki banyak peran, spt tabel brkt:
Peran
Deskripsi
Contoh aktivitas
Interpersonal
Pemimpin
Scr simbolis, manajer melaksanakan sejumlah kegiatan resmi yg berhubungan dg lingk sosial
Tanda tangan, menjamu tamu
Saluran komunikasi
Bertanggung jwb memotivasi bawahan, penempatan, pelatihan dan membagi tugas staf
Kegiatan yg berhub dg bwahn
Berkaitan dg informasi
Monitor
Mencari&menerima macam2 informasi internal&eksternal utk mengembangkan organisasi
Baca laporan, kontak personel
Disseminator
Mentransfer informasi yg diterima dari luar atau dr bawahan ke seluruh anggota organisasi
Pertemuan informal, komniksi
Juru bicara
Mentransfer informasi ke luar mengenai rencana, kebijakan dan hasil dr organisasi
Pertemuan anggota, media ms
Pengambilan keputusan
Enterpreuner
Membawa perush utk mencari peluang dlm menghadapi perubahan
Strategi mengemb. Program
Menangani masalah
Tanggung jwb koreksi ktk organisasi menghadapi masalah yg tdk diharapkan
Strategi thd krisis &masalah
Alokasi sumber daya
Bertanggung jwb utk mengalokasikan dg mmbuat keputusan &persetujuan seluruh smbr daya

Negosiator
Bertanggung jwb mewakili organisasi utk bernegosiasi pd lingkup yg luas
Negosiasi kontrak

·  Bbrp hal yg perlu diketahui dlm rangka menguji baik atau tidaknya teori2 tsb:
1. Apakah teori tsb telah dikembangkan dg menggunakan metode atau cara yg ilmiah?
2. Apakah teori tsb merup sesuatu yg patut diterima dri sudut pengalaman pembaca, atau merup hal baru
3. Apakah teori tsb memungkinkan utk meramalkan ttg sesuatu yg akan terjadi bila dilakukan sstu tindakan
·  Yg tdk dpt diharapkan dari teori2 mengenai manajemen adl kemungkinan meramalkan scara pasti spt halnya dg teori pada ilmu alam

KB 3 BAGAIMANA MANAJER MENJALANKAN FUNGSINYA
·  Manajer yg sukses biasanya memiliki kemampuan atau skill yg menonjol, yg sifatnya:

1. Memiliki daya intellegensia dan motivasi yg tinggi
2. Sikap integritas ats organisasi dan pekerjaan
3. Peka thd lingkungan kerja
4. Sehat jasmani dan bersemangat
5. Mampu berkomunikasi dan bekerja sama dg luwes
6. Mampu membuat rencana dan mengorganisasi
7. Mampu menjual ide dan mengemukakan gagasan
8. Mampu membangkitkan semangat bawahan

·  Robbins dan Coulter menjabarkan keahlian yg hrs dimiliki seorg manajer:
1. Keahlian konseptual : a. Pandai menggunakan informasi utk memecahkan masalah  b. Mampu mengidentifikasi peluang utk inovasi  c. Menyadari permasalahan →solusi  d. Menyelksi informas  e. Mengerti teknologi bisnis  f. Mengerti model bisnis utk organisasinya
2. Keahlian komunikasi :
3. Keahlian efektivitas
4. Keahlian interpersonal
·  Hubungan antara keahlian manajerial dg fungsi2 manajemen
Keahlian
Fungsi manajemen
Planning
Organizing
Leading
Controlling
Berhubungan dg kekuasaan

V
V

Aktif mendengarkan


V
V
Budgeting
V


V
Memiliki gaya kepemimpinan efektif


V

Coaching


V

Membentuk tim yg efektif

V
V

Mendelegasikan

V
V

Mendesain pekerjaan yg motivatif

V
V

Membangun kepercayaan


V

Disiplin


V
V
Pewawancara

V
V

Mengelola konflik


V
V
Mengelola perubahan

V
V
V
Monitoring


V

Negosiasi


V

Memberikan umpan balik


V
V
Dpt mmbaca budaya orgnssi

V
V

Membaca perub lingkungan
V


V
Menetapkan tujuan
V


V
Menyelesaikan masalah
V
V
V
V
Menghargai keanekaragaman
V
V
V
V

·  Menurut Handoko scr keseluruhan seorg manajer memiliki tugas2 penting menyangkut hal2:
1. Manajer melakukan pekerjaannya dengan dan melalui orang lain(baik atasan,bawahan, &sesama manajer)
2. Menyelaraskan tujuan2 yg mungkin bertentangan dan menetapkan prioritas
3. Bertanggung jwb &mempertanggung jwbkan apa yg sdh dijalankannya
4. Dlm melakukan fungsinya, hrs berfikir scr analitis dan konseptual
5. Manajer adl seorg mediator, politisi, sekaligus diplomat
·   
1.        Manajemen sebagai peranan
Menurut Henry Mintzberg, perilaku manajemen memiliki karakteristik, antara lain :
(1)                  Hubungan antar pribadi baik dengan komunikasi lisan maupun tertulis. Hubungan pribadi ini dapat dinyatakan sebagai simbol yang melakukan tugas berdasarkan hukum dan sosial, pemimpin yang bertanggung jawab memotivasi bawahan,mengisi personalia, dan pelatihan, serta sebagai perantara menjalin jaringan kontak luar.
(2)                  Pemrosesan informasi, yaitu memberi, menerima dan menganalisis informasi. Sebagai pemberi informasi, manajemen memonitor kegiatan dengan mencari dan menerima informasi untuk menyatukan organisasi dan lingkungan, penyebar berita, dan juru bicara, yaitu orang menyampaikan informasi pada orang luar.
(3)                  Pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah. Sebagai pengambil keputusan, manajemen adalah pengalokasi sumber daya, yang bertangung jawab atas alokasi sumber daya manusiai dan yang lain; sebagai perunding, bertanggung jawab mewakili organisasi menghadapi pihak lain dalam pembicaraan-pembicaraan dan juga sebagai pengendali permasalahan yang bertangugung jawab atas kegiatan perbaikan bila organisasi menghadapi krisis.
2.        Manajemen sebagai ketrampilan
Menurut Robert L. Katz, ketrampilan manajemen dikelompokkan ke dalam:
(1)                  ketrampilan teknis, yaitu kemampuan memanfaatkan keahlian atau kepakaran khusus bertahan dengan metode, proses atau prosedur: ketrampilan bisa dipelajari,dilatihkan atau berdasar pengalaman.
(2)                  Ketrampilan manusiawi, yaitu kemampuan bekerja secara efektif dalam hubungan antar pribadi: kerja sama dengan orang lain lebih mudah.
(3)                  Ketrampilan koseptual, yaitu kemampuan melihat organisasi sebagai suatu keseluruhan dan memecahkan masalah dengan sistem sebagai suatu kesatuan.
Manajemen sebagai fungsi, baik itu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan, di mana keempat hal ini membentuk proses manajemen. Proses manajemen ini merupakan suatu alat di mana seorang manajer melakukan manajemen. Untuk lebih menguatkan arti proses manajemen  yang penting, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Manajemen yang baik perlu memiliki sifat-sifat mampu menjalankan fungsi, berperan yang baik serta berketrampilan yang prima. Tanpa sifat-sifat tersebut, suatu organisasi baik kecil  maupun besar, tak dapat bertahan lama.

v  Bagaimana manajer menjalankan fungsinya?
Sebelum kita mengetahui bagaimana manajer menjalankan fungsinya, kita perlu tahu  apakah manajer sama dengan pemilik ?
Manajer tidak perlu sama dengan pemilik. Memang benar bahwa pada beberapa perusahaan, manajer dan pemilik adalah sama, akan tetapi dalam banyak hal manajer merupakan kelompok yang sama sekali terpisah, berbeda dan terpisah dengan pemilik. Dalam kenyataan, dalam masyarakat sekarang ada kelompok manajemen. Anggota – anggota manajemen mengurus perusahaan untuk pemilik. Pada hakekatnya manajer-manajer adalah mereka yang melaksanakan proses manajemen, sedangkan pemilik adalah mereka yang mempunyai hak atas atau yang memiliki  kekayaan.

Lalu, kesulitan apa yang sering dihadapi manajer dan bagaimana cara manajemen dapat maju?
Kesulitan yang sering dihadapi oleh kebanyakan manajer ialah bahwa dalam menentukan dan mencapai tujuanya, rintangan harus diatasi, sumber yang jarang harus dikumpulkan, kemajuan harus dipelihara dan pegawai harus digerakkan atau dimotivasi dalam bekerja. Dalam mengatasi kesulitan ini sering timbul masalah-masalah. Keadaan ini tentunya bukan merupakan hambatan, malah seharusnya menjadi pemicu untuk lebih maju. Karena manajer bukan saja melayani perusahaan atau organisasinya, akan tetapi juga untuk mencapai pertumbuhan dan kemajuan pribadinya.

Pertanyaan selanjutnya yang berhubungan dengan bagaimana manajer menjalankan fungsinya adalah apakah yang selalu dicari seorang manajer?
Seorang manajer selalu mencari masalah, apabila ia tidak menghadapi masalah. Dorongan yang terus menerus untuk mengadakan perbaikan ditunjukkan dengan usaha mencapai hasil yang lebih baik, memperbaiki hasil (produk) yang ada, memberikan pelayanan yang lebih baik, mengurangi biaya penjualan, melayani orang yang lebih banyak jumlahnya dan sebagainya. Hal ini tentu saja merupakan perbaikan yang tidak habis-habisnya melalui penelitian terus menerus yang dilakukan manajer, tentunya dengan menerapkan fungsi manajemen yang telah dijelaskan sebelumnya.
Demikian sedikit pembahasan tentang materi ini. Kiranya dapat memberikan manfaat buat teman-teman untuk lebih memahami lagi tentang Modul I.


0 komentar:

Posting Komentar