MANAJEMEN DAN RUANG LINGKUP
KB 1 MANAJEMEN DAN FUNGSI2 MANAJEMEN
·
Manajer
dibagi menjadi 3 level : manajer puncak (top manajer), level menengah.middle,
dan manajer lini pertama ( yg paling bawah)
·
Manajemen secara umum dapat dibagi menjadi 2 bagian, antara
lain manajemen sebagai fungsi dan manajemen sebagai peranan. Manajemen sebagai fungsi meliputi usaha plan, organizing actuating and controling (POAC).
·
Manajemen sebagai peranan adalah antar
pribadi pemberi informasi dan pengambil keputusan. Manajemen dapat pula pengembangan
ketrampilan, yaitu teknis, manusiawi dan konseptual. Manajemen dapat pula
berarti pengembangan ketrampilan, yaitu teknis, manusiawi dan konseptual.
·
Manajemen
secara umum berarti sebagai suatu usaha merencanakan, mengorganisasi, menyarankan,
mengkoordinir serta mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tercapai
tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
·
Fungsi2
manjemen menurut Luther Gullick meliputi Planning, Organizing, Staffing,
Directing, Coordinating, Reporting, dan Budgeting ( POSDCORB)
·
Istilah
fungsi manajemen menurut bbrp ahli
Hendry fayol
|
Luther Gullick
|
George Terry
|
Ernest Dalle
|
Koontz &O’donnel
|
James Stoner
|
Planning
|
|||||
Organizing
|
|||||
Commanding
|
Staffing
|
Actuating
|
Staffing
|
Staffing
|
Leading
|
Coordinating
|
Directing
|
|
Directing
|
Directing
|
|
|
Coordinating
|
Innovating
|
|
|
|
Reporting
|
Representing
|
|
|||
Controlling
|
·
Perencanaan
→planning ;
·
Pengorganisasian
→ organizing;
·
Pengadaan staf→staffing;
·
pengarahan
→directing;
·
pengawasan
→controlling;
·
pembaharuan→innovating;
·
perwakilan→
representating;
KB 2 MANAJEMEN SBG STUDI YG BERSIFAT
INTERDISIPLINER
·
Perencanaan
tdk dpt dilaksanakan tanpa adanya peramalan (forecasting), dan ini memerlukan
pengetahuan ttg ilmu ekonomi
·
Menurut
Mintzberg, manajer memiliki banyak peran, spt tabel brkt:
Peran
|
Deskripsi
|
Contoh aktivitas
|
Interpersonal
|
||
Pemimpin
|
Scr simbolis, manajer melaksanakan
sejumlah kegiatan resmi yg berhubungan dg lingk sosial
|
Tanda tangan, menjamu tamu
|
Saluran komunikasi
|
Bertanggung jwb memotivasi bawahan,
penempatan, pelatihan dan membagi tugas staf
|
Kegiatan yg berhub dg bwahn
|
Berkaitan dg informasi
|
||
Monitor
|
Mencari&menerima macam2
informasi internal&eksternal utk mengembangkan organisasi
|
Baca laporan, kontak personel
|
Disseminator
|
Mentransfer informasi yg diterima
dari luar atau dr bawahan ke seluruh anggota organisasi
|
Pertemuan informal, komniksi
|
Juru bicara
|
Mentransfer informasi ke luar
mengenai rencana, kebijakan dan hasil dr organisasi
|
Pertemuan anggota, media ms
|
Pengambilan keputusan
|
||
Enterpreuner
|
Membawa perush utk mencari peluang
dlm menghadapi perubahan
|
Strategi mengemb. Program
|
Menangani masalah
|
Tanggung jwb koreksi ktk organisasi
menghadapi masalah yg tdk diharapkan
|
Strategi thd krisis &masalah
|
Alokasi sumber daya
|
Bertanggung jwb utk mengalokasikan
dg mmbuat keputusan &persetujuan seluruh smbr daya
|
|
Negosiator
|
Bertanggung jwb mewakili organisasi
utk bernegosiasi pd lingkup yg luas
|
Negosiasi kontrak
|
·
Bbrp
hal yg perlu diketahui dlm rangka menguji baik atau tidaknya teori2 tsb:
1.
Apakah
teori tsb telah dikembangkan dg menggunakan metode atau cara yg ilmiah?
2.
Apakah
teori tsb merup sesuatu yg patut diterima dri sudut pengalaman pembaca, atau
merup hal baru
3.
Apakah
teori tsb memungkinkan utk meramalkan ttg sesuatu yg akan terjadi bila
dilakukan sstu tindakan
·
Yg
tdk dpt diharapkan dari teori2 mengenai manajemen adl kemungkinan meramalkan
scara pasti spt halnya dg teori pada ilmu alam
KB 3 BAGAIMANA MANAJER MENJALANKAN
FUNGSINYA
·
Manajer
yg sukses biasanya memiliki kemampuan atau skill yg menonjol, yg sifatnya:
1.
Memiliki
daya intellegensia dan motivasi yg tinggi
2.
Sikap
integritas ats organisasi dan pekerjaan
3.
Peka
thd lingkungan kerja
4.
Sehat
jasmani dan bersemangat
5.
Mampu
berkomunikasi dan bekerja sama dg luwes
6.
Mampu
membuat rencana dan mengorganisasi
7.
Mampu
menjual ide dan mengemukakan gagasan
8.
Mampu
membangkitkan semangat bawahan
·
Robbins
dan Coulter menjabarkan keahlian yg hrs dimiliki seorg manajer:
1.
Keahlian
konseptual : a. Pandai menggunakan informasi utk memecahkan masalah b. Mampu mengidentifikasi peluang utk
inovasi c. Menyadari permasalahan →solusi d. Menyelksi informas e. Mengerti teknologi bisnis f. Mengerti model bisnis utk organisasinya
2.
Keahlian
komunikasi :
3.
Keahlian
efektivitas
4.
Keahlian
interpersonal
·
Hubungan
antara keahlian manajerial dg fungsi2 manajemen
Keahlian
|
Fungsi manajemen
|
|||
Planning
|
Organizing
|
Leading
|
Controlling
|
|
Berhubungan dg kekuasaan
|
|
V
|
V
|
|
Aktif mendengarkan
|
|
|
V
|
V
|
Budgeting
|
V
|
|
|
V
|
Memiliki gaya kepemimpinan efektif
|
|
|
V
|
|
Coaching
|
|
|
V
|
|
Membentuk tim yg efektif
|
|
V
|
V
|
|
Mendelegasikan
|
|
V
|
V
|
|
Mendesain pekerjaan yg motivatif
|
|
V
|
V
|
|
Membangun kepercayaan
|
|
|
V
|
|
Disiplin
|
|
|
V
|
V
|
Pewawancara
|
|
V
|
V
|
|
Mengelola konflik
|
|
|
V
|
V
|
Mengelola perubahan
|
|
V
|
V
|
V
|
Monitoring
|
|
|
V
|
|
Negosiasi
|
|
|
V
|
|
Memberikan umpan balik
|
|
|
V
|
V
|
Dpt mmbaca budaya orgnssi
|
|
V
|
V
|
|
Membaca perub lingkungan
|
V
|
|
|
V
|
Menetapkan tujuan
|
V
|
|
|
V
|
Menyelesaikan masalah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Menghargai keanekaragaman
|
V
|
V
|
V
|
V
|
·
Menurut
Handoko scr keseluruhan seorg manajer memiliki tugas2 penting menyangkut hal2:
1.
Manajer
melakukan pekerjaannya dengan dan melalui orang lain(baik atasan,bawahan,
&sesama manajer)
2.
Menyelaraskan
tujuan2 yg mungkin bertentangan dan menetapkan prioritas
3.
Bertanggung
jwb &mempertanggung jwbkan apa yg sdh dijalankannya
4.
Dlm
melakukan fungsinya, hrs berfikir scr analitis dan konseptual
5.
Manajer
adl seorg mediator, politisi, sekaligus diplomat
·
1.
Manajemen sebagai peranan
Menurut Henry Mintzberg, perilaku manajemen memiliki
karakteristik, antara lain :
(1)
Hubungan antar
pribadi baik dengan komunikasi lisan maupun tertulis. Hubungan pribadi ini
dapat dinyatakan sebagai simbol yang melakukan tugas berdasarkan hukum dan
sosial, pemimpin yang bertanggung jawab memotivasi bawahan,mengisi personalia,
dan pelatihan, serta sebagai perantara menjalin jaringan kontak luar.
(2)
Pemrosesan
informasi, yaitu memberi, menerima dan menganalisis informasi. Sebagai pemberi
informasi, manajemen memonitor kegiatan dengan mencari dan menerima informasi
untuk menyatukan organisasi dan lingkungan, penyebar berita, dan juru bicara,
yaitu orang menyampaikan informasi pada orang luar.
(3)
Pengambilan keputusan
dengan menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah. Sebagai pengambil
keputusan, manajemen adalah pengalokasi sumber daya, yang bertangung jawab atas
alokasi sumber daya manusiai dan yang lain; sebagai perunding, bertanggung
jawab mewakili organisasi menghadapi pihak lain dalam pembicaraan-pembicaraan
dan juga sebagai pengendali permasalahan yang bertangugung jawab atas kegiatan
perbaikan bila organisasi menghadapi krisis.
2.
Manajemen sebagai ketrampilan
Menurut Robert L. Katz,
ketrampilan manajemen dikelompokkan ke dalam:
(1)
ketrampilan teknis,
yaitu kemampuan memanfaatkan keahlian atau kepakaran khusus bertahan dengan
metode, proses atau prosedur: ketrampilan bisa dipelajari,dilatihkan atau
berdasar pengalaman.
(2)
Ketrampilan
manusiawi, yaitu kemampuan bekerja secara efektif dalam hubungan antar pribadi:
kerja sama dengan orang lain lebih mudah.
(3)
Ketrampilan
koseptual, yaitu kemampuan melihat organisasi sebagai suatu keseluruhan dan
memecahkan masalah dengan sistem sebagai suatu kesatuan.
Manajemen sebagai fungsi, baik itu
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan, di mana keempat hal
ini membentuk proses manajemen. Proses manajemen ini merupakan suatu alat di
mana seorang manajer melakukan manajemen. Untuk lebih menguatkan arti proses manajemen yang penting, dapat dilihat pada gambar di
bawah ini.
Manajemen yang baik perlu memiliki
sifat-sifat mampu menjalankan fungsi, berperan yang baik serta berketrampilan
yang prima. Tanpa sifat-sifat tersebut, suatu organisasi baik kecil maupun besar, tak dapat bertahan lama.
v Bagaimana manajer menjalankan fungsinya?
Sebelum kita mengetahui bagaimana manajer
menjalankan fungsinya, kita perlu tahu
apakah manajer sama dengan pemilik ?
Manajer
tidak perlu sama dengan pemilik. Memang benar bahwa pada beberapa perusahaan,
manajer dan pemilik adalah sama, akan tetapi dalam banyak hal manajer merupakan
kelompok yang sama sekali terpisah, berbeda dan terpisah dengan pemilik. Dalam
kenyataan, dalam masyarakat sekarang ada kelompok manajemen. Anggota – anggota manajemen
mengurus perusahaan untuk pemilik. Pada hakekatnya manajer-manajer adalah
mereka yang melaksanakan proses manajemen, sedangkan pemilik adalah mereka yang
mempunyai hak atas atau yang memiliki
kekayaan.
Lalu,
kesulitan apa yang sering dihadapi manajer dan bagaimana cara manajemen dapat
maju?
Kesulitan
yang sering dihadapi oleh kebanyakan manajer ialah bahwa dalam menentukan dan
mencapai tujuanya, rintangan harus diatasi, sumber yang jarang harus
dikumpulkan, kemajuan harus dipelihara dan pegawai harus digerakkan atau
dimotivasi dalam bekerja. Dalam mengatasi kesulitan ini sering timbul
masalah-masalah. Keadaan ini tentunya bukan merupakan hambatan, malah
seharusnya menjadi pemicu untuk lebih maju. Karena manajer bukan saja melayani
perusahaan atau organisasinya, akan tetapi juga untuk mencapai pertumbuhan dan
kemajuan pribadinya.
Pertanyaan selanjutnya yang berhubungan
dengan bagaimana manajer menjalankan fungsinya adalah apakah yang selalu dicari
seorang manajer?
Seorang manajer selalu mencari masalah,
apabila ia tidak menghadapi masalah. Dorongan yang terus menerus untuk
mengadakan perbaikan ditunjukkan dengan usaha mencapai hasil yang lebih baik,
memperbaiki hasil (produk) yang ada, memberikan pelayanan yang lebih baik,
mengurangi biaya penjualan, melayani orang yang lebih banyak jumlahnya dan
sebagainya. Hal ini tentu saja merupakan perbaikan yang tidak habis-habisnya
melalui penelitian terus menerus yang dilakukan manajer, tentunya dengan
menerapkan fungsi manajemen yang telah dijelaskan sebelumnya.
Demikian sedikit pembahasan tentang materi
ini. Kiranya dapat memberikan manfaat buat teman-teman untuk lebih memahami
lagi tentang Modul I.
0 komentar:
Posting Komentar